JDIH Universitas Lampung

Upload Terbaru

Unila Jalin Kerja Sama dengan Tiga Lembaga

(Unila): Universitas Lampung (Unila) kembali menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga. Hal itu diawali penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung, Universitas Muhammadiyah (UM Metro), dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DPD Provinsi Lampung.

Penandatanganan digelar Jumat (11/9/2020), di ruang sidang utama lantai 2 Rektorat Unila. Selain Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., acara turut dihadiri Ketua Umum MUI Provinsi Lampung Dr. Khairuddin Tahmid, M.H., Rektor UM Metro Drs. Jazim Ahmad, M.Pd., Ketua DPD ASITA Provinsi Lampung Arizho Fasha, WA. S.IP., tim kerja rekor, beserta seluruh jajaran pimpinan di lingkungan Unila.

Karomani mengatakan, ia menyambut baik kerja sama yang dijalin dengan berbagai instansi. Menurutnya hal itu merupakan wujud pengimplementasian tridarma perguruan tinggi.

Sebagai institusi pendidikan, Unila memiliki misi menjadi salah satu perguruan tinggi yang unggul dengan mengajak kiprah perguruan tinggi lain di Provinsi Lampung tumbuh dan berkembang bersama.

Selaku pembina perguruan tinggi swasta yang ada di Provinsi Lampung, Unila menginginkan Forum Rektor Provinsi Lampung dapat terbentuk untuk memudahkan komunikasi dan kerja sama antarseluruh perguran tinggi yang ada di Lampung, termasuk UM Metro. “Nanti kita buat forum rektor di Provinsi Lampung, supaya memudahkan komunikasi,” ucapnya.

Sementara Unila dan MUI melakukan kerja sama terkait pendidikan, penyediaan sumber daya manusia, dan sertifikasi halal. Unila juga menjajaki peluang sebagai Lembaga Penyelenggara Halal (LPH) yang memiliki otoritas melakukan penyelenggaraan halal.

Selain itu, Unila berpeluang untuk mendirikan halal center untuk konsultasi dan bimbingan yang berkenaan dengan sertifikasi halal sesuai Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2019.

Kemudian lewat dukungan DPD ASITA Provinsi Lampung, Koordinator Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa ini berharap, produk inovatif Unila seperti Agrowisata Melon, Pasar Rakyat, dan Hutan Kota nantinya dapat dipasarkan dan dijadikan destinasi wisata Provinsi Lampung.

Melalui kolaborasi, Unila dan Asita juga akan mencetak generasi pemuda yang dapat menciptakan lapangan kerja baru di bidang industri kreatif pariwisata. [Humas/Angel]