JDIH Universitas Lampung

Upload Terbaru

Unila Buka Program Doktor Studi Pembangunan FISIP

(Unila): Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan launching Program Doktor Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Acara peluncuran berlangsung di Ballroom Emerald Hotel Emersia, Bandarlampung, dan ditayangkan secara virtual melalui Zoom, Minggu (20/9/2020) malam.

Ketua Tim Pembuat Proposal S3 Program Doktor Studi Pembangunan FISIP Unila Prof. Sindung Haryanto mengatakan, program ini dibuka untuk menjawab tantangan kompleksitas pembangunan dan kebutuhan sumber daya manusia paripurna.

Fokus kajiannya adalah aspek-aspek sosial politik pembangunan baik skala lokal, nasional, maupun global. Adapun konsentrasi pada program studi ini antara lain manajemen pembangunan. Diharapkan program doktor studi pembangunan ini bisa menjadi media bagi FISIP Unila menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder. 

Selain para wakil rektor di lingkungan Unila, peluncuran turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Ketua Senat Unila Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd., dan Dekan FMIPA Unila Dr. Suripto.

Mewakili rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unila Prof. Heryandi menyampaikan, pendirian S-3 studi pembangunan ini tentu merupakan upaya strategis di tengah ketidakseimbangan antara masifnya pembangunan fisik dengan pembangunan sosial.

Oleh karena itu program doktor studi pembangunan ini menjadi penting untuk dibuka dan menjadi harapan bagi seluruh masyarakat, khususnya dalam menentukan visi misi Indonesia yakni menciptakan sumber daya masyarakat unggul.

Heryandi berharap, FISIP Unila bisa menjalankan program dengan profesional sehingga mampu menghasilkan para pemikir dan cendekiawan yang bisa memikirkan kompleksitas pembangunan baik di daerah maupun nasional.

Dirinya pun berpesan agar kegiatan peluncuran tidak sekadar melaksanakan rutinitas melainkan punya target dan strategi ke depan yang salah satunya bisa dicapai dengan bersinergi sekaligus berinovasi dengan berbagai pihak.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto yang juga hadir mengapresiasi pendirian Program Doktor Studi Pembangunan FISIP Universitas Lampung. Ia berharap, lahirnya Program Doktor Studi Pembangunan FISIP Unila mampu menyelesaikan berbagai persoalan sosial. [Humas/Inay]